Migrasi Sistem Operasi

Hmm … termotivasi dari gambar profil seorang teman, akhirnya mantap memutuskan memasang sistem operasi Linux di netbook kesayangan. Sebenarnya gak migrasi total sih, cuma 50% aja. Jadi XP nya tetanggaan sama Maverick Meerkat.

Alhamdulillah, walau agak ribet di awal-awal instalasi (musti download image nya dulu, download Partition Wizard untuk nambah partisi) akhirnya instalasi berhasil tepat pada hari ini tepat menjelang sholat Ashar.

Mantap juga lho. Paket aplikasinya memang masih standar, namun semua device masih bekerja (audio, video, bluetooth). Apa yang dikhawatirkan sebagian besar pemula Linux (alhamdulillah) belum kejadian. Ditambah lagi, modem XL buat nge-net yang saya pakai juga langsung terdeteksi tanpa harus cari-cari codec nya (gak pakai interface kayak kalo di windows). Jadinya kalo ada aplikasi tertentu yang gak jalan (misalnya file mp3), bisa langsung download di ubuntu center-nya. Post ini pun saya buat melalui sistem operasi yang baru saya install tersebut.

Btw… meski Natty Narwhal sudah ada (dan bulan depan Oneiric Ocelot bakal ikutan dirilis), saya sengaja memakai Maverick Meerkat, untuk mengenang momen migrasi ini (halah …). Gampang diingat soalnya, Ubuntu versi 10.10 yang dirilis pada tanggal 10 Oktober 2010 (101010 –> mirip kode biner). Dan sengaja yang saya pakai versi Ubuntu netbook, yang tampilan desktop nya sudah disesuaikan dengan ukuran layar netbook (Tapi performa gak kalah lho sama yang versi PC).

Gimana dengan kamu … ??

Tentang Sa'ad

Ingin menunjukkan bukti bahwa saya mencintai Allah dan Rasul-Nya, agar Allah dan Rasul-Nya mencintai saya ... Ingin menunjukkan bukti bahwa saya adalah anak yang berbakti kepada kedua orang tua, agar kedua orang tua saya merasa ridla kepada saya ...
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

