Cara Mengatasi Memory Penuh pada Nokia C5-03

Sedikit mau share pengalaman yang mungkin sedikit berguna …

Kurang lebih awal pekan kemarin, handphone Nokia yang baru beberapa bulan saya pakai bermasalah dengan memory internalnya. Setiap mau menulis sms atau browsing dengan browser bawaan di handphone, selalu gagal dan muncul tulisan peringatan

MEMORY PENUH. HAPUS BEBERAPA FILE ATAU APLIKASI YANG ADA

Padahal sudah saya cek di handphone: inbox hanya belasan pesan, log (untuk call maupun data) sudah dihapus, dan di rincian memory hanya ada sedikit file. Saya sudah coba otak-atik pengaturan di handphone tapi tidak berhasil juga menemukan cara mengurangi kapasitas memory internal tersebut.

Selanjutnya saya coba browsing melalui google, belum juga menemukan solusinya. Namun ada satu diagnosa yang menurut saya mungkin bisa menjawab mengapa masalah “memory penuh sedangkan file sedikit” itu terjadi. Berikut saya kutip dari salah satu blog yang mengulas tentang Nokia N73 (dengan permasalah yang mirip):

Bagi pengguna N73 banyak yang menjumpai kasus seperti ini. “Memory Penuh, Hapus Sebagian Data” Salah satu penyebab masalah itu ada pada lifeblog. Tanpa kalian sadari memory telepon berkurang banyak oleh lifeblog itu, lifeblog juga menguras RAM di hp kalian. Untuk mematikan lifeblog ikuti cara ini. (SUMBER)

Terlepas dari diagnosa di atas, saya belum mencoba contoh-contoh solusi yang ditawarkan dari berbagai situs hasil pencarian google. Namun saya mencoba solusi sederhana berikut ini:

  1. PADA PENGATURAN, PILIH TELEPON.
  2. KEMUDIAN PILIH MANAJEMEN TELP.
  3. PILIH PERATURAN PABRIK, maka akan muncul peringatan “Kembali ke pengaturan awal? telepon akan melakukan restart
  4. PILIH YA
  5. MAKA HANDPHONE AKAN KEMBALI KE PENGATURAN DEFAULT (SEMACAM FORMAT ATAU RESET PENGATURAN HANDPHONE)

Dari langkah di atas, alhamdulillah, saya sukses mengembalikan kapasitas memory internal ke kondisi normal tanpa kehilangan file/sms/nomor kontak yang tersimpan di memory internal maupun eksternal. Hanya saja tampilan handphone kembali ke awal sebelum kita melakukan kustomisasi.

Semoga langkah ini bisa membantu sesama CSOE-er.

Tentang Sa'ad

Ingin menunjukkan bukti bahwa saya mencintai Allah dan Rasul-Nya, agar Allah dan Rasul-Nya mencintai saya ... Ingin menunjukkan bukti bahwa saya adalah anak yang berbakti kepada kedua orang tua, agar kedua orang tua saya merasa ridla kepada saya ...
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

62 Balasan ke Cara Mengatasi Memory Penuh pada Nokia C5-03

  1. fitri berkata:

    saya di suruh memasukan kode..tp saya tidak tau kodey brapa’

  2. udah coba cara diatas tapi kok masih nggak bisa ya ? masih muncul tulisan “Memory Penuh, Hapus Sebagian Data” ada saran yg lain gak ?

    • Sa'ad berkata:

      Dari yang saya pahami setelah search di google, permasalahan memory penuh tersebut dikarenakan file-file temporary (termasuk yang sudah dihapus) yang menumpuk di memory internal. Masalah tersebut bisa saya atasi dengan mereset total handphone, seperti langkah di atas. Dan -sejauh yang saya tahu- masalah seperti ini ini cuma ditemui pada smartphone Nokia.

      Penanganannya relatif berbeda tergantung spesifikasi handphone Nokia nya. Jadi silahkan browsing cara pemecahannya dengan menyebutkan spesifikasi/tipe handphone Nokia yang dimiliki. Sebagai salah satu referensi solusi, silahkan buka link di SUMBER pada potongan artikel di atas (untuk Nokia N-73).

      Saran saya, coba cabut dulu memory eksternal nya, kemudian ulangi langkah-langkah di atas. Jika tidak bisa, seingat saya dari hasil browsing, langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan membawa ponsel Nokia kita ke Nokia Center. Perkiraan biaya untuk perbaikan dari referensi-referensi yang saya tahu berkisar puluhan ribu saja.

      Semoga bisa “sedikit” membantu …

      • Sa'ad berkata:

        Sedikit tambahan ..
        Ada kemungkinan penuhnya memory internal tersebut karena kapasitas inbox dalam fitur e-mail Nokia sudah terlalu penuh.
        Solusinya, hapus pesan2 inbox yang sudah lama/tidak penting
        atau non-aktif kan (hapus) fitur email di handphone Nokia tersebut.

        • dea berkata:

          saya sudah berulang kali mengikuti nya tapi kadang berhasil. Kadang kembali dng tampilan memori penuh. Hapus atau pindahkan beberapa data dari memori telepon c:.

    • eddie berkata:

      tp bener kok cara di atas dah ampuh……

  3. Arudi berkata:

    kk, bener nih ga ngapus contact, data penting, sama sms? apa perlu di backup dulu?

    • Sa'ad berkata:

      Kalau berdasarkan cara pada artikel di atas, dan berdasarkan pengalaman saya pribadi, tidak menghapus contact, sms, dan data-data lainnya. Cuma tampilannya kembali menjadi default (bawaan pabrik), misalnya daftar contact – hanya menampilkan nomor kontak yang tersimpan di telepon. Jadi kita tinggal men-setting supaya tampilan kontak berasal dari memory SIM.

      Tetapi jika khawatir data-data penting hilang, ada baiknya dilakukan back-up data terlebih dahulu sebelum di reset.

      Semoga bisa sedikit membantu …

      • Arudi berkata:

        kk, saya sudah melakukan tahap kayak diatas, dah udah ada space lebih pada memori hp saya🙂 thanks ya. tapi kak, memori hp saya kekuras lagi sampai tinggal 2 mb T_T. trus saya coba apus2 sms sama foto dipindahin ke memory card. dan alhasil, nambah jadi 5 mb. sekitar 5 jam, hp saya abis batere, dan saya cas. saat di cas, saya cek ulang memori hp, masih 5 mb. tapi tiba2 berkurang lagi sampai 2 mb lagi. saya coba ulang dan hasilnya masih 2 mb, tidak bertambah. saya bingung, itu gara2 hp saya error, banyak lifeblog, apa karena virus? thanks kk, maap kalo banyak tanya ^_^v

        • Sa'ad berkata:

          Kemungkinan lain itu berasal dari inbox pada layanan Nokia e-mail yang sudah over kapasitas.

          Coba hapus pesan2 e-mail yang sudah lama, terutama yang memiliki attachment, e-mail notifikasi atau milis; atau non aktifkan sementara layanan Nokia e-mail di handphone C5-03 nya.

          Semoga bisa sedikit membantu …

        • Reza aji saputra berkata:

          kak saya udah coba semuanya tapi tetep ajh ga ilang, padahal e-mail yang udah lama lama sudah saya hapus semuanya, harus gimna lagi yah kak ?

          • Sa'ad berkata:

            Solusi yang saya terapkan ke ponsel Nokia saya -yang terakhir- adalah membuang (delete) aplikasi Email Messaging dari ponsel, karena dari email kita biasanya banyak attachment2 yang berukuran besar, atau dibanjiri email notifikasi bagi yang biasa main facebook. Tentu saja hal ini menguras memory internal Nokia C5-03 yang terbatas.

            Kalau keberatan untuk menghapus aplikasi Email messaging pada ponsel nokia kita, cukup di nonaktif kan saja, atau setting nya diganti dengan alamat email yang jarang ita gunakan.

            Semoga bisa sedikit membantu …

          • Reza aji saputra berkata:

            maaf kaka minta cara untuk manghapus email messagingnya🙂

        • dani berkata:

          bisa juga pakai kode c tapi file yng download n instal bakalan hilang jadi kaya hape baru lagi memorinya skitar 50mb n musti download apk itu juga yg di memori telpon klo memori card lepas aja takut ada file ilang

  4. ambar berkata:

    masih tetap gak bisa, file lainnya itu apa ya kak?ada 75 mb di file lainnya, tapi tidak terdapat file apa apa di dalamnya

    • Sa'ad berkata:

      Sepengetahuan saya, file lainnya itu termasuk OS Symbian bawaan Nokia nya, yang membuat ponsel nokia kita bisa beroperasi.

      Solusi yang saya terapkan ke ponsel Nokia saya -yang terakhir- adalah membuang (delete) aplikasi Email Messaging dari ponsel, karena dari email kita biasanya banyak attachment2 yang berukuran besar, atau dibanjiri email notifikasi bagi yang biasa main facebook. Tentu saja hal ini menguras memory internal Nokia C5-03 yang terbatas.

      Melalui upaya terakhir ini, saya berhasil menyediakan slot kosong memory internal sebesar sekitar 20 MB, dan sampai saat ini tidak pernah lagi ada masalah Memory Penuh seperti di atas.

      Kalau keberatan untuk menghapus aplikasi Email messaging pada ponsel nokia kita, cukup di nonaktif kan saja, atau setting nya diganti dengan alamat email yang jarang ita gunakan.

      Semoga bisa sedikit membantu …

  5. eva najmu berkata:

    sangat2 tidak membantu

  6. Lhyz foRmosa berkata:

    Kode konfirmasi’ya udh q masukin 12345 tp ko kode error yah

    • Sa'ad berkata:

      Ada kemungkinan kode nya sudah diubah/dimodifikasi, mungkin oleh Anda sendiri atau orang yang pernah memainkan HP Anda.
      Jika tidak ingat sama sekali kode nya, lebih aman HP nya dibawa ke Nokia Center untuk penanganan yang lebih baik

  7. dwi laksono berkata:

    sama seperti yg di ajarkan,,,,,,tapi malashny memoi teleon gak nambah juga?

    • Sa'ad berkata:

      Berarti masalah pada memory Nokia C5-03 anda sudah lumayan rumit, sehingga cara sederhana di atas tidak mampu mengatasi.

      Silahkan dibawa ke teknisi resmi Nokia terdekat.

  8. iwNk N KurniaWand berkata:

    saya udah sering coba cara ini, pertama sii emang iya bener
    tapi pas kesininya sama aja, kaya dulu lagi..
    ada solusi lain??

  9. Wawan wibowo berkata:

    Coba dihard reset aja dengan menekan *#7370# dan kode standartnya 12345, back up dulu file2 penting.Setelah dihard reset. Masuk setting mesagging, pengaturan, yang lain , pindah semua jenis sms ke memory E: . Silahkan coba

  10. iid berkata:

    sudah di coba tp memory internal tetap tidak berubapg

  11. gur berkata:

    sy pngguna cesoe, dari udh lbh dr stahun. sy g pernah reset ni hp. memory internal msi 22mb. dlm internal jg udh trinstal qt. caranya :
    beli microsd class 10
    instal aplikasi d eksternal (kcuali instaler ky qt td)
    instal mobile cleaner
    unstal aplikasi d memory in
    uninstal quick ofice, lalu instal smart ofice d eksternal
    pada browser bawaan, tdp pilihan hapus riwayat–> hapus smua
    rajin2 bersihin aj & instal aplikasi d eksternal, jd usahain jngan lepas tuh memory.
    thx, smg membantu.

  12. Seno_bads berkata:

    *#7370# kembali kepengaturan awal
    silakan di coba uat hp n c5 03

  13. Achmad Choerudin berkata:

    mas, cara membuang (delete) aplikasi Email Messaging dari ponsel C5-03 gimana ya?

    • Sa'ad berkata:

      Saya lupa di mana posisi aplikasi Email Messaging dalam ponsel Nokia C5-03, karena sudah setengah tahun lebih tidak pernah pake lagi (dipakai istri).

      Kalau tidak salah, coba cek di Aplikasi – Aplikasi Terinstal. Pilih PILIHAN dan ATUR. Lalu sorot logo e-mail, kemudian pilih PILIHAN – HAPUS.

      Jika tidak berhasil/aplikasi Email Messaging tidak ditemukan, silahkan coba cari di APLIKASI – KANTOR.

      Atau di PENGATURAN – MANAJER APLIKASI – APLIKASI TERINSTAL. Lalu cari aplikasi Email Messaging, dan tekan lama sampai muncul pilihan HAPUS PENGINSTALAN.

      Semoga berhasil. Ditunggu konfirmasi nya …

  14. tia berkata:

    wah, berhasil…^^
    makasi y infonya

  15. Al Faro berkata:

    udah pakai cara di atas tp memori internalnya masi full…
    gmn solusinya?
    thanks

    • Sa'ad berkata:

      Coba dicermati beberapa komen rekan2 di atas. Barangkali ada yang bisa mengatasi.
      Kalau masih bermasalah juga, saya pikir kerusakan ada di memori nya, silahkan dibawa ke teknisi HP Nokia resmi.

  16. Fendy berkata:

    busa menambah internal memory tidak…?

  17. Ika irwana berkata:

    Sudah berkali-kali coba cara yg di atas tp tetep aja memori internalnya sisa 5MB;'(

  18. elsa berkata:

    gue juga mengalami hal yg sama,alhasil hp gue banting moh pakai prodak nokia

  19. eko aris ikhwanudin berkata:

    kl uda ngikuti aturan nya malah di suruh ada perintah ” akhiri dulu semua panggilan dan sambungan aktif ” gimana boz selanjutnya.

  20. tri sulist berkata:

    mz sy ma bertanya ni”hp q ber mslh sering muncul peringatan memory tlp penuh”rs n sy dh melakukan reset msh ttp spt tu gmn cara mengatasinya????/trimakasih mz?

  21. louchizou berkata:

    Pilih Menu > Olahpesan > Pilihan > Pesan SIM, lalu hapus satu atau beberapa pesan SMS.
    Gitu ajua, ga usah di reset, itu akibat pesan provider yg masuk ke dalam memori SIM, ini sering terjadi.

  22. bay1397 berkata:

    pake aplikasi mobil cleaner

  23. Fferania SA berkata:

    terima kasih.. solusi yang amat sangat membantu sy..

  24. tini rosani berkata:

    saya diminta kata kunci,padahal saya tidak pernah pakai kata kunci
    gimana caranya

  25. Sony SumarSono berkata:

    Maaf numpang nanya yah gan , masalah hp nokia c5 03 saya sering mati apabila sedang nelpon atau bila dibiarkan akan mati sendiri , tidak menentu kapan mati sendiri gan , mohon perhatiannya ? email : sonysumarsono8842@gmail.com

    • Sa'ad berkata:

      Mohon maaf, saya bukan teknisi hp. Artikel ini sekedar sharing pengalaman pribadi saja. Agan bisa konsultasikan masalah tsb ke petugas servis hp yang agan percaya.🙂

  26. aki berkata:

    saya sdh reset factory kok tetep memory penuh! Pdhl memory telp dan ext tdk penuh.

    • Sa'ad berkata:

      Mohon maaf, saya sudah lama tidak memakai HP Nokia C5-03 lagi sejak HP nya rusak. Yang saya tulis di atas adalah pengalaman dulu sebelum HP nya rusak. Mungkin pembaca yg lain bisa memberi tambahan masukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s