Ayo Berjuang di Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah !!

روى البخاري رحمه الله عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأياميعني أيام العشر – قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع من ذلك بشيء

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari rahimahullah, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah.

Mereka (para shahabat) bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?.

Beliau menjawab : “Tidak juga (lebih utama dari) jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun“.

–oo00oo–

Saudaraku, inilah hari-hari yang disabdakan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam itu. Hari-hari yang sering kita lupa dan terlalai dari nya …

Padahal keutamaan amal sholih pada hari-hari ini sedemikian besar, bahkan sebagian ‘ulama’ menyamakannya dengan keutamaan malam-malam dari sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Sepuluh hari (siang) yang paling utama adalah sepuluh hari pertama Dzulhijjah

Sepuluh hari (malam) yang paling utama adalah sepuluh hari terakhir Ramadhan

Kalau kita begitu bersemangat beramal sholih untuk meraih ampunan Allah pada sepuluh malam terakhir Ramadhan, mengapa hal yang sama tidak kita lakukan juga untuk sepuluh hari awal Dzulhijjah ini ???

Mari ringankan badan dan harta kita, untuk memperbanyak amalan sholih pada hari-hari ini. Amalan sholih di sini bermakna umum untuk semua amal kebaikan, dan khususnya ibadah-ibadah yang terikat dengan bulan Dzulhijjah (seperti haji dan penyembelihan hewan qurban).

Bagi kita yang belum mampu menunaikan ibadah haji atau berqurban, kita bisa memanfaatkan amal sholih secara umum untuk meraih keutamaan sepuluh hari pertama Dzulhijjah ini, seperti:

  • Memperbanyak bacaan takbir
  • Memperbanyak sholat sunnah
  • Puasa sunnah, terutama Puasa ‘Arafah
  • Membaca Al Qur’an
  • Memperbanyak berdzikir pada semua keadaan
  • Memperbanyak sedekah dan infaq

dan yang semisal nya

SEMANGAATTT … !!!

Tentang Sa'ad

Ingin menunjukkan bukti bahwa saya mencintai Allah dan Rasul-Nya, agar Allah dan Rasul-Nya mencintai saya ... Ingin menunjukkan bukti bahwa saya adalah anak yang berbakti kepada kedua orang tua, agar kedua orang tua saya merasa ridla kepada saya ...
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s