Semarak Dzulhijjah

Semarak Dzulhijjah

SELENGKAPNYA

Alhamdulillah, Allah mempertemukan kembali dengan Dzulhijjah. Betapa banyak kaum muslimin yang melalaikan keutamaan bulan ini dan ibadah di dalamnya (kecuali haji dan qurban, mungkin …).

Pemerintah Indonesia sudah mengumumkan bahwa Idul Adha 1436 H jatuh pada Kamis, 24 September 2015. Pemerintah Arab Saudi juga menetapkan Idul Adha pada tanggal yang serupa. Dengan demikian, bagi yang ingin berpuasa Arafah (yang memilih pendapat ikut pemerintah atau Arafah ikut Saudi) maka akan melaksanakan sunnah ini pada Rabu, 23 September 2015.

Adapun ormas Muhammadiyah, jauh-jauh hari sudah menetapkan bahwa Idul Adha akan jatuh pada Rabu, 23 September 2015. Bagi yang menganut metode hisab dalam penentuan Idul Adha, maka dia akan berpuasa Arafah pada Selasa, 22 September 2015.

Yang agak dilema adalah mereka yang memilih metode hisab dalam penentuan Idul Adha, namun dalam puasa Arafah mengikuti hari wukuf jama’ah haji di Arafah. Bisa dipastikan dia tidak akan berpuasa Arafah tahun ini di Indonesia, karena waktu wukuf bertepatan dengan Idul Adha (Rabu, 23 September 2015).

Saatnya kita lebih membuka wawasan dan keilmuan (open mind), terutama dalam permasalahan fiqih yang mayoritas banyak pendapat-pendapat di dalamnya. Tentunya dengan tetap mengedapankan sikap saling menghormati/toleransi terhadap perbedaan pendapat tersebut.

Tentang Sa'ad

Ingin menunjukkan bukti bahwa saya mencintai Allah dan Rasul-Nya, agar Allah dan Rasul-Nya mencintai saya ... Ingin menunjukkan bukti bahwa saya adalah anak yang berbakti kepada kedua orang tua, agar kedua orang tua saya merasa ridla kepada saya ...
Pos ini dipublikasikan di Tangkapan Layar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s